Contoh Personal Brand Name

Penulis: Agus Ridwan Sopari | Contoh personal brand name ini saya ambil dari beberapa pribadi yang saya kenal, politikus, penulis dan pesohor yang sering tampil di media. Personal brand name adalah nama panggilan, nama julukan, nama pena, nama samaran, nama panggung atau sebutan apapun yang bertujuan agar orang lain dapat mudah mengenali identitas seseorang dengan baik dan unik.

Penggunaan nama asli atau nama lengkap dalam industri hiburan seperti film dan musik jarang terjadi, seringnya produser dan manajemen artis memberi nama panggung untuk sang calon bintang agar lebih menjual. Saya batasi diri untuk memberi contoh personal brand name beberapa orang klien dan teman saya, juga tokoh-tokoh masyarakat.

  1. Kang Aridh nama panggilan ekslusif  Agus Ridwan Sopari semasa SMA dan dalam satu dekade kemudian dibuat sebagai nama perusahaan konsultan yaitu Aridh Consulting di Bandung.
  2. Ferry Curtis” nama komersial dari rekan saya yang bernama asli R. Ferry Affiantin adalah musisi, penulis lirik lagu dan penyanyi balada
  3. Lygia Pecanduhujan” adalah nama pena seorang rekan saya yang penulis, backpaker keder dan pekerja sosial dari perempuan bernama Lygia Nostalina.
  4. Mattew Fariz adalah nama rekan saya seorang desainer web dan user interface yang dijuluki Kuligrafer; Membantu saya dalam tim desainer. Karena orang Sunda seneng dipanggil Mamat, tentu itu juga bukan nama aslinya.
  5. Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Republik Indonesia (2004-2009 dan 2009-2014), meski bukan pada masa kampanye, singkatan “SBY” cukup familiar sehingga masih dipakai oleh masyarakat sampai sekarang.
  6. “Kang Aher” digunakan pada kampanye pemilihan gubernur Ahmad Heryawan yang kini adalah Gubernur Provinsi Jawa Barat 2008-2013 dan 2013-2018.
  7. KH Yusuf Mansur adalah nama aslinya, namun dikarenakan ceramahnya seringkali pada satu topik tertentu (sudah bisa tebak?), orang mengingat beliau dicap alias di-branded “ustadz sedekah”
  8. “Fajar Febian” teman saya, seorang penyanyi nasyid dan master of ceremony, bernama asli Rakhmat Fajar.
  9. Penyanyi asal California, “Katy Perry” bernama asli Katheryn Elizabeth Hudson.
  10. “Jay Teroris” sebutan yang super radikal, tapi bagaimana pun nama ini efektif untuk merubah banyak orang secara positif. Dialah Mental Surgeon Specialist bernama asli Zainal Abidin, Betawi tulen.

Beli domain web pakai nama sendiri di “http://t.co/NM3KVSJu9yhttp://t.co/73zt1aUjuL berbiaya murah untuk #PersonalBranding yg berharga

— Agus Ridwan Sopari (@aridwansopari) July 3, 2014

Nah, untuk nama artis dan tokoh-tokoh lain, saya mohon bantuan pembaca untuk berbagi tahu di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *