@aheryawan, Gubernur Jabar yang Merayap!

Sebelumnya, saya pernah tulis mengenai video iklan kampanye Ahmad Heryawan yang berpasangan dengan Deddy Mizwar. Saya nulis lagi mengenai Dr.(H.C.), H. Ahmad Heryawan, Lc. kali ini catatan akan menangkap langkah kakinya saat menjabat Gubernur Jabar dua kali periode.

Ada pemberitaan yang cukup santer mengundang pujian untuk Ahmad Heryawan sewaktu ikut mengantri di Rumah Makan Nasi Jamblang Ibu Nur yang berlokasi di Jalan Cangkring, Jawa Barat. Dengan baju putih dan celana hitam orang – orang di depannya tidak sadar bahwa di belakang mereka ada Pak Gubernur.

Foto yang beredar viral di Twitter, sudah diangkat ke dapur berita online RakyatMerdeka, TribunNews dan sejumlah situs islam. Bahkan Ustadz kondang Yusuf Mansur tulis, “Patut dicontoh!” dalam twitnya.

“Gubenur Aher tertangkap kamera warga saat antri beli makanan. ini baru sederhana!” tulisa akun twitter @ZackyMadridista yang mengunggah foto tersebut pada 6 April lalu.

Kejadian ini mengingatkan saya sewaktu shalat Jumat di Masjid Besar Lembang, Kab. Bandung Barat, beberapa bulan lalu. Heran kenapa masjid seperti lebih sesak diparkiran oleh mobil deh, ada satu sedan patroli Polisi lagi. Hingga di dalam pun sudah terasa penuh oleh jamaah, jadi duduk pun kebagian dibaris-baris terakhir, yang secara kebetulan ada juga yang bisik-bisik meski khokib sedang berkhutbah.

Sungguh mengherankan mereka yang bergumam dan berbisik-bisik, seperti: “Ngapain khatib di foto-foto, direkam video segala”. Iya memang ada yang janggal kalau jumatan begini, bermula ketika seseorang jamaah di kanan tiba-tiba ikut berdiri setelah khatib naik mimbar, lalu ada lagi seseorang di kiri ngankat kamera, jeprat jepret hingga membuat kilatan cahaya selama beberapa detik.

Akibatnya barangkali pada saat itu shaf saya pada melek mendengarkan khutbah hingga selesai. Saya rasa bapak-bapak yang duduk di samping saya, tidak ngeh siapa itu khatib sebenarnya. Lalu setelah sholat Jumat selesai, saya angkat bicara. “Pak, itu yang jadi khatib dan imam sholat ya Gubernur kita!”

Spontan ada bapak tua lanjut menimpali dalam basa Sunda, “Bener eta? Bagja, bagja. Karek aya Gubernur nu bisa mimpin sholat ciga kitu.” Benar begitu? Bahagia, bahagia. Baru ada Gubernur yang bisa pimpin sholat seperti itu.

Ilustrasi saja, ini bukan di Lembang tapi foto dari http://jabar.kemenag.go.id/

Langkah kaki Gubernur ini, seakan kini mendapatkan perhatian dari penghuni jagat maya. Sebuah foto kang Aher, panggilan akrab Ahmad Heryawan lagi-lagi terekam, kali ini di sebuah Bandara Adi Sumarmo Solo.

“Pemimpin berbudaya antri, warganya akan tertib dan disiplin diri.”Begitu tulis Essa Fatimah Husna yang membagikan foto ini ke dinding Facebook Ahmad Heryawan (11/4). Saat post ini dipublish, jumlah yang nge-like 71 orang dan dibagikan 88 kali.

Zaman sekarang, merakyat saja tidak cukup, gaet ratusan prestasi juga tidak berasa, butuh media yang mengabarkan, agar kepemimpinannya tidak merayap, tapi bukan itu yang diinginkan pemimpin tulus apalagi untuk jadi pemujaan berlebihan. Cukuplah warga yang menjadi saksi.

Foto sikap disiplin mengantri kang Aher di Bandara, mengundang komentar dari Assyaffaa Syaffaa, “Keren bingit bpk kita. Semoga bpk adalah presiden kita berikutnya. Biar jadi panutan negeri ini.”

“Pingin punya presiden y bener2 Menauladani Rosulullah,” harap Elbyra Maniez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *