Brand New Logo dan Nama FIF 2013

AGUSRIDWANSOPARI.COM – Federal International Finance atau yang kita kenal sebagai FIF, perusahaan pembiayaan Astra tahun ini ganti nama dan logo. Setelah 24 tahun berdiri, apakah perubahan atau re-branding FIF tersebut memiliki maksud yang terencana di masa depan?

Pada hari Kamis, 2 Mei 2013 di ulang tahun yang ke-24, PT Federal International Finance (FIF) meluncurkan logo, sekaligus mengumumkan perubahan nama perusahaan menjadi FIFGROUP sebagai identitas baru.  FIFGROUP terdiri atas FIFASTRA di bidang pembiayaan sepeda motor, dan SPEKTRA untuk bisnis pembiayaan peralatan elektronik.

FIF Group berencana untuk melebarkan bidang usahanya. Setidaknya, ada enam pembiayaan yang akan menjadi bisnis FIF Group pada 2020. Itu yang tercermin dari konsep brand new logo dan nama FIF 2013 yang diambil dari sidik jari. Simbol sidik jari, menurut website fifgroup.co.id merepresentasikan komitmen, fokus pada pelanggan, dan kustomisasi untuk menyesuaikan produk sesuai kebutuhan beragam para pelanggan. Diilustrasikan dengan gradasi warna biru muda ke biru tua, kemudian disambung warna oranye ke warna merah tua. Nampaklah ada rencana grouping perusahaan dalam filosofi logo baru FIF.

Logo yang sebelumnya warna merah, kuning, dan biru, kini didominasi biru dengan gradasi, melambangkan identitas induk perusahaan PT Astra International Tbk. Filosofi logo dan maksud re-branding selalu ada perubahan yang diharapkan mencapai visi masa depan yang jauh lebih baik. Senada dengan strategi rebranding logo Pegadaian di tahun 2013.

fif-logo-baru-4

“Salah satu strategi transformasi bisnis yang kita lakukan adalah rebranding. Yakni, perubahan citra FIF, baik dari luar mau pun dalam, untuk mendukung bisnis yang semakin berkembang,” kata Presiden Direktur FIF Suhartono, di Jakarta, Kamis.

#KonsultanDesain membantu rebranding UMKM yang berkembang dan bantu bentuk citra untuk startups business info@aridh.co.id

— Aridh Design (@AridhConsulting) 4 Mei 2013

Menurutnya, strategi bisnis ini sudah dimulai sejak 2010. Yaitu, untuk menjadikan FIF Group untuk menjadi induk dari beberapa perusahaan pembiayaan. FIF yang selama ini menyasar pasar sepeda motor berubah menjadi FIF Astra. Sementara, Spektra akan membawahi pembiayaan elektronik. Suhartono, Presiden Direktur FIFASTRA dan CEO FIFGROUP, mengatakan sidik jari diambil dari filosofi identitas pribadi untuk ikatan komitmen. “Kalau orang zaman dulu menggunakan sidik jari sebagai tanda tangan, pertanda bahwa mereka berkomitmen. Sama, kami punya ikatan kuat dengan mengedepankan komitmen kepuasan terhadap pelanggan dan mitra,” ujarnya dalam jumpa pers di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta Barat. “Segmen pasar otomatis ikut berubah, mungkin akan mengarah dari kebutuhan pokok menjadi produk yang lebih ke fashion. Misalnya, kalau sepeda motor skutik, yang 70 persen pengambil keputusan untuk membelinya bukan orang yang punya duit, tapi anggota keluarga lainnya, misalnya anak atau istri,” tegas Suhartono. Tahun lalu, FIFGROUP mengeluarkan pembiayaan hingga Rp 18 triliun. Dengan identitas baru, diharapkan bisa terdongkrak hingga Rp 18,7 triliun berasal dari pembiayaan 1,16 juta unit sepeda motor baru, 550 ribu sepeda motor bekas, dan Rp 3 triliun dari peranti elektronik.

Inilah alasan mengapa bisnis masa depan perlu konsultan desain yang @kangaridh rangkum menjadi lima halRead… fb.me/1sJJuVGnk — Aridh Design (@AridhConsulting) 2 Mei 2013

Credit foto dan sumber berita: FIFgroup.co.id, Kompas Otomotif dan Republika.co.id Keterangan foto peluncuran : Presdir FIF Group Suhartono (3 kiri) bersama jajaran Direksi (dari ki-ka) Hendry Christian, David Iskandar, Rusdimin Adikarta, R. Sutjahja Nugroho dan Djap Tet Fa, mengacungkan jempol di depan logo baru FIF Group, di Jakarta, Kamis (2/5/2013)

fif-logo-baru-2 fif-logo-baru-3

Blog ini tidak menyediakan logo vector FIF Astra, FIF Group, atau pun logo Spektra baru untuk free download format corel draw, atau adobe illustrator atau lainnya. Mohon maaf.

Salam sukses, Agus Ridwan Sopari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *